Apa Itu Paganisme

Berdasarkan perngertian dari artikata.com paganisme berarti perihal (keadaan) tidak beragama; paham pd masa sebelum adanya (datangnya, masuknya) agama (Kristen, Islam, dsb), dengan kata lain paganisme bisa dikategorikan sebagai kepercayaan akan Tuhan yang dilakukan manusia pada zaman dahulu atau lebih tepatnya pada zaman dimana agama belum masuk dalam kehidupan manusia, dan pada masa itu konsep kepercayaan yang dianut atau yang dipakai adalah politheisme (kepercayaan tentang adanya banyak Tuhan). Pengertian paganisme sendiri tentunya beragam dan bermacam-macam sesuai dengan institusi atau organisasi apa yang mengartikannya, namun secara garis besar semua pengertian tersebut mengarah kepada kepercayaan terhadap Tuhan dimana sejatinya agama itu sendiri belum lahir.

Disnilah letak unik dan kontroversinya, mengapa? secara logika dan pengertiannya (dapat dilihat pada wikipedia) Tuhan adalah yang paling dan tertinggi, artinya tidak ada kekuatan maha dasyat lain apapun bentuknya selain Tuhan dan semua yang mengatur seluruh kejadian di alam semesta ini hanyalah Tuhan. Didalam filsafat juga menjelaskan bahwa Tuhan adalah absolut yang arti sederhananya adalah mutlak, lantas pertanyaannya adalah apakah paganisme itu sendiri memiliki Tuhan?

Jika kita merujuk pada pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya Tuhan bukanlah dalam kerangka atau konsep dari paganisme, Tuhan adalah agama dan agama adalah Tuhan sedangkan paganisme bukanlah sebuah agama (merujuk pengertian diatas bahwa paganisme adalah paham dimana agama belum datang, dan paganisme cenderung menganut politheisme). Namun terkadang kita terjebak dalam perdebatan yang sebenarnya tidak substansial, yaitu: siapakah Tuhan dari paganisme? Jika memang tidak ada Tuhan lantas apa yang mereka sembah dan mengapa mereka menyembahnya?

Sungguh pertanyaan diatas merupakan pertanyaan yang butuh pendalaman tersendiri dan narasumber ahli untuk menjawabnya atau bahkan mngkin hanya bisa dijawab oleh para pelaku paganisme itu sendiri, yang pasti kita hanya bisa berasumsi dan mereka-reka apa jawabannya untuk pertanyaan tersebut, namun tetap harus bisa disajikan fakta-fakta dan bukti-buktinya agar tidak subyektif dalam menilai sesuatu, meskipun hal tersebut akan sulit untuk dilakukan sehingga unsur subyektifitas akan terlihat dalam menjawabnya.

Kembali kepada pengertian paganisme, kenyataannya bahwa manusia pada zaman dahulu sebelum agama masuk telah memiliki ritual atau cara beribadah tersendiri dan mereka menyembah “sesuatu”. Fakta unik ini tidak bisa kita lepaskan begitu saja, justru kaitannya sangat erat bahkan mengikat dalam kepercayaan pagan. Manusia pun bisa dijadikan objek ritual dari paganisme (saya pikir hal ini tidak perlu dibuktikan, karena pada dasarnya ini adalah pengetahuan umum), secara historis kita harus mengakui adanya kepercayaan ini, kita tidak bisa menghakimi bahwa telah terjadi kriminalitas disana atau perampasan HAM disana karena mereka melakukan ritual peribadatan sesuai dengan apa yang mereka yakini justru jika kita menghakimi mereka maka kitalah yang telah merampas HAM mereka, karena memeluk kepercayaan tertentu dan menjalankannya adalah hak dasar manusia yang paling hakiki. Hal menarik disini adalah, jika pagan bukanlah sebuah agama mengapa mereka memiliki cara beribadah sendiri? Penjelasan mengenai ritual paganisme ini akan dijelaskan di lain kesempatan pada artikel yang berbeda termasuk juga untuk sinkretisme dalam pagan.

Kunci yang termudah untuk memahami arti dari paganisme adalah konsep dari kepercayaannya dan faktor historis dibelakangnya yang sangat berkaitan dengan ritual-ritual yang dilakukan, paganisme bukanlah hal yang asing dalam kehidupan kita namun sangat asing jika kita mencoba untuk membedahnya, karena semakin banyak yang kita tahu justru semakin bertambah ketidak-tahuan kita, yang terpenting adalah mencoba untuk memahaminya dengan begitu semua hal yang kita tahu bisa kita susun dan diletakkan ditempatnya masing-masing.

Salam hangat selalu..

author

Artikel selanjutnya: “Ritual dan Sikretisme dalam Pagan”

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klik tertinggi

  • Tidak ada

Kunjungan

  • 3,443 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: